======================================================================================================================================================= AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE
====================================================================================================================
==========================================================================================================================================
JANGAN LUPA KUNJUNGI TERUS ABIMAELZONE DAN FOLLOW UNTUK SELALU MENDAPATKAN UPDATE TIPS DAN TRIK TERBARUTERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI ABIMAEL ZONE

MULTIMEDIA

Abimael | Saturday, December 15, 2012 | 0 comments

Billy Abimael
41812010050

MULTIMEDIA
1.      Sejarah Multimedia
     istilah multimedia berasal dari theater, bukan komputer. pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media sering kali disebut pertunjukan multimedia. Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized band dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan. system multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkanya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengunguman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Conection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2. Sejak permulaan tersebut, hamper setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan system multimedia di pasaran.
        Citra visual dapat dimasukan kedalam ystem dari paket perangkat lunak yang menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan ppiringan video, dan scanner optic. input audio dapat dimasukan melalui microfon, pita kaset dan compact disk.

2.      Definisi Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
·         Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio  (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turbanet al, 2002)
·         Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, an

imasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
·         Multimedia dalam konteks komputer adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, denganmenggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
·         Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
·         Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996)

3.     Perkembangan Multimedia
Menurut Morgan Stanley:
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk:
Televisi : 13 tahun ; TV Kabel : 10 tahun; Internet : 5 tahun
Dan perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet.   Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini.
Perkembangan Multimedia (lanjutan) :
Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
Layanan multimedia online sedang mengalami booming
Teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia mobile multimedia.
Kelebihan multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. lembaga riset dan penelitian computer yaitu Computer Technology Reseach (CTR), menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang dapat mengigat 50 % dari apa yang dilihat dan di dengar dan 30 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. maka multimediasangatlah efektif. Multimedia menjadi tool yang ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk meraih keunggulan bersaing perusahaan.

4.       SISTEM MULTIMEDIA
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai Sistem Multimedia?
·         Kombinasi Media
 Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video
·         Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah
·         Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer.Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user

5.      Multimedia PC
Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia
Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:
·         CD-ROM drive / DVD Drive
·         Sound Card (untuk recording dan playback)
·         Multimedia (Music/Movie) Player
·         RAM dan HARD DISK yang mencukupi
·         Graphics Adapter
·         Speaker

6.       Sistem Multimedia dibagi menjadi 2, yaitu :
·         Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard
·         Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan terjadi kemacetan jaringan
a) Stand Alone Multimedia
Stand alone multimedia mempunyai I/O Device untuk menangkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu.
b) Multimedia based on network
* Harus terhubung dengan jaringan
* Mampu melakukan sharing sistem dengan sumber daya yang sama dimana computer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung dalam jaringansehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi.

7.      Multimedia dapat digunakan dalam:
a) Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik

b) Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
*Dan Multimedia Juga mampu):
a) Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor, contoh software yang mendukung teleworking atau telecommuting: Netmeeting
b) Mengubah cara belanja. Homeshopping atau teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya
c) Mengubah cara bisnis. Banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online dan bank menggunakan cara online-banking
d) Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya: membaca koran online
e) Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, dan menggunakan e-book
f) Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio


 8.      MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
     a) Pendidikan di Indonesia
• Hasil penelitian program pembangunan PBB (UNDP) tahun 2000 menunjukkan kualitas SDM Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara, jauh dibandingkan dengan negara tetangga Singapura (24), Malaysia (61),Thailand (76) dan Philipina (77).
• Hasil studi International Educational Achievment (IEA) menunjukan kemampuan IPA peserta didik di SMP Indonesia menempati urutan ke-40 dari 42 negara yang diteliti (Rukmana dalam Zulhemi, 2006)

     b) Faktor Penyebab
Guru, Siswa, Sarana dan Prasarana, Kurikulum, dan Komitmen Bersama
Salah satu faktor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran gurukurang menerapkan pembelajaran yang interaktif
Pembelajaran yang interaktif bisa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran
    c) Media Pembelajaran
l Media : Medium = Perantara
l Media komunikasi: perantara penyampai pesan atau informasi
l Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran

d) Kontribusi media dalam proses pembelajaran
*Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
*Pembelajaran dapat lebih menarik
*Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
*Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
*Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
*Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
*Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
*Peran guru berubahan kearah yang posistif
e) Peran media dalam pembelajaran
*Membuat kongkrit konsep yang abstrak
*Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
*Memberikan pengganti pengalaman langsung
*Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
*Memberikan pengalaman segi pengamatan
*Menyajikan perbedaan warna secara visual
*Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
f) Jenis-jenis media
Media Cetak
Media Radio/Audio
Media Televisi/Video
Komputer/Jaringan


9.        MULTIMEDIA INTERAKTIF
Model pembelajaran Multimedia Interaktif (MMI) diartikan sebagai:
suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad ; Setiawan dalam Samsudin, 2008).
a) Contoh Multi Media Interaktif
Teks, Gambar, Grafik, Animasi, Audio, dan Video (audio visual)
b) Manfaat Multi Media Interaktif
• Meningkatkan motivasi belajar siswa
• Meningkatkan hasil belajar siswa
• Mereduksi miskonsepsi siswa
• Mengembangkan kompetensi guru
c) Beberapa Pendapt tentang Multi Media Interaktif
*Lee, Nicoll, dan Brooks (2005) dalam penelitiannya tentang ”Perbandingan Pembelajaran Berbasis Web secara Inkuiri dan Contoh Kerja dengan Menggunakan Physlets” menemukan bahwa:
siswa merasa tertolong dengan penggunaan model pembelajaran (multimedia interaktif) MMI jenis Physlets, dalam hal memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret
* Kartini (2006) bahwa model pembelajaran interaktif berbasis komputer dapat: meningkatkan penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa SMP.
* Hendrawan dan Yudhoatmojo (2001) dalam penelitiannya tentang ”Efektivitas dari Lingkungan Pembelajaran Maya Berbasis Web (Jaringan)” mengatakan bahwa: lingkungan pembelajaran yang bermedia teknologi (model pembelajaran MMI) dapat meningkatkan nilai para siswa (konsep), sikap mereka terhadap belajar, dan evaluasi dari pengalaman belajar mereka
* Eni Nuraeni (2006) dari penelitian yang dilakukannya menyimpulkan bahwa:
multimedia yang digunakan untuk media pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dengan tarafkepercayaan 95%
d) Model Multimedia Interaktif
• Model Drill
• Model Tutorial
• Model Simulasi
• Model Eksperimen (virtual lab)
• Model Game


10.         MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN
• Guru bisa mengadopsi
• Guru bisa mengembangkan
• Guru bisa membuat sendiri
• Guru bisa menerapkan di kelas
a) Contoh Mengadopsi dan mengembangkan
• Menggunakan internet
• Menggunakan cd pembelajaran
b) Cara Pemanfaatan Internet untuk Media Pembelajaran
• Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
• Memanfaatkan blog yang dikelola guru (pengajar)
• Tiap peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing
• Menggunakan sarana jejaring sosial (facebook atau twitter)
• Menggunakan Learning Management System (LMS)
Harry B.Santoso (2009)
c) Tantangan Multimedia Interaktif
• Butuh peralatan (komputer, LCD, dan audio system)
• Butuh keahlian khusus (produksi dan operasi)
• Sumber listrik harus tersedia

Untuk PowerPoint nya bisa di Download disini : KLIK DISINI
 PASSWORD nya : abimael02
Sumber : Dari Berbagai macam Blog dan Buku 


Share this article :

0 comments :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AbimaelZone - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger