Billy Abimael
MULTIMEDIA
1. Sejarah
Multimedia
istilah
multimedia berasal dari theater, bukan komputer. pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu media sering kali disebut pertunjukan multimedia. Dimana
pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized band dan karya seni
manusia sebagai bagian dari pertunjukan. system multimedia dimulai pada akhir
1980-an dengan diperkenalkanya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan
pengunguman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual
Conection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2. Sejak permulaan tersebut,
hamper setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia.
Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan system
multimedia di pasaran.
Citra
visual dapat dimasukan kedalam ystem dari paket perangkat lunak yang menyatukan
digital, dan dari kamera video, pita dan ppiringan video, dan scanner optic.
input audio dapat dimasukan melalui microfon, pita kaset dan compact disk.
2. Definisi
Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media.
Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah
gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang
menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi
interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan
sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks,
grafik dan animasi.
Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa
ahli:
·
Kombinasi
dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa
audio (suara, musik), animasi, video,
teks, grafik dan gambar (Turbanet al, 2002)
·
Alat yang
dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, an
imasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
imasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
·
Multimedia
dalam konteks komputer adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, video, denganmenggunakan tool yang
memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
·
Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan
video (Rosch, 1996)
·
Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga
elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996)
3. Perkembangan Multimedia
Menurut Morgan Stanley:
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di
Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk:
Televisi : 13 tahun ; TV Kabel : 10
tahun; Internet : 5 tahun
Dan perkembangan multimedia mengikuti
perkembangan internet. Jumlah
pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini.
Perkembangan Multimedia (lanjutan) :
Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200
juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
Layanan multimedia online sedang mengalami
booming
Teknologi komputer, elektronik, dan
komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia mobile multimedia.
Kelebihan multimedia adalah menarik indra dan
menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.
lembaga riset dan penelitian computer yaitu Computer Technology Reseach (CTR),
menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 %
dari yang didengar. Tetapi orang dapat mengigat 50 % dari apa yang dilihat dan
di dengar dan 30 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus. maka
multimediasangatlah efektif. Multimedia menjadi tool yang ampuh untuk
pengajaran dan pendidikan serta untuk meraih keunggulan bersaing perusahaan.
4. SISTEM MULTIMEDIA
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai Sistem Multimedia?
· Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video
· Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah
· Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer.Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user
5. Multimedia PC
Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia
Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:
· CD-ROM drive / DVD Drive
· Sound Card (untuk recording dan playback)
· Multimedia (Music/Movie) Player
· RAM dan HARD DISK yang mencukupi
· Graphics Adapter
· Speaker
6. Sistem Multimedia dibagi menjadi 2,
yaitu :
·
Sistem
Multimedia Stand Alone
Sistem ini
berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage
(harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner,
mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard
·
Sistem
Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini
harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.
Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya
yang sama. Contoh: video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan
terjadi kemacetan jaringan
a) Stand Alone Multimedia
Stand alone
multimedia mempunyai I/O Device untuk menangkap data multimedia yang akan
diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara
media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada
waktu.
b) Multimedia based on network
* Harus
terhubung dengan jaringan
* Mampu
melakukan sharing sistem dengan sumber daya yang sama dimana computer yang satu
dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung
dalam jaringansehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi.
7. Multimedia dapat digunakan dalam:
a) Bidang pendidikan dalam penyampaian
bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran
karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan
grafik
b) Bidang jaringan dan internet yang
membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
*Dan Multimedia Juga mampu):
a) Mengubah tempat kerja. Dengan adanya
teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor,
contoh software yang mendukung teleworking atau telecommuting: Netmeeting
b) Mengubah cara belanja. Homeshopping
atau teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang
datang dengan sendirinya
c) Mengubah cara bisnis. Banyak
perusahaan menggunakan sistem jual beli online dan bank menggunakan cara
online-banking
d) Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya: membaca koran online
e) Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, dan menggunakan e-book
f) Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio
8. MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA
a) Pendidikan di Indonesia
• Hasil
penelitian program pembangunan PBB (UNDP) tahun 2000 menunjukkan kualitas SDM
Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara, jauh dibandingkan dengan
negara tetangga Singapura (24), Malaysia (61),Thailand (76) dan Philipina (77).
• Hasil
studi International Educational Achievment (IEA) menunjukan kemampuan IPA
peserta didik di SMP Indonesia menempati urutan ke-40 dari 42 negara yang
diteliti (Rukmana dalam Zulhemi, 2006)
b) Faktor Penyebab
Guru, Siswa,
Sarana dan Prasarana, Kurikulum, dan Komitmen Bersama
Salah satu
faktor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar
siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran gurukurang menerapkan
pembelajaran yang interaktif
Pembelajaran
yang interaktif bisa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran
c) Media Pembelajaran
l Media
: Medium = Perantara
l Media
komunikasi: perantara penyampai pesan atau informasi
l Media
pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
d) Kontribusi media dalam proses
pembelajaran
*Penyampaian
pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
*Pembelajaran
dapat lebih menarik
*Pembelajaran
menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
*Waktu
pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
*Kualitas
pembelajaran dapat ditingkatkan
*Proses
pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
*Sikap
positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat
ditingkatkan
*Peran guru
berubahan kearah yang posistif
e) Peran media dalam pembelajaran
*Membuat
kongkrit konsep yang abstrak
*Mengetengahkan
bagian tertentu yang dianggap penting
*Memberikan
pengganti pengalaman langsung
*Mendekatkan
obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
*Memberikan
pengalaman segi pengamatan
*Menyajikan
perbedaan warna secara visual
*Menyajikan informasi
yang memerlukan gerak
f) Jenis-jenis media
Media Cetak
Media
Radio/Audio
Media
Televisi/Video
Komputer/Jaringan
9. MULTIMEDIA INTERAKTIF
Model pembelajaran Multimedia Interaktif
(MMI) diartikan sebagai:
suatu model pembelajaran yang dapat digunakan
untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan
kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad ; Setiawan
dalam Samsudin, 2008).
a) Contoh Multi Media Interaktif
Teks,
Gambar, Grafik, Animasi, Audio, dan Video (audio visual)
b) Manfaat Multi Media Interaktif
• Meningkatkan
motivasi belajar siswa
• Meningkatkan
hasil belajar siswa
• Mereduksi
miskonsepsi siswa
• Mengembangkan
kompetensi guru
c) Beberapa Pendapt tentang Multi Media
Interaktif
*Lee,
Nicoll, dan Brooks (2005) dalam penelitiannya tentang ”Perbandingan
Pembelajaran Berbasis Web secara Inkuiri dan Contoh Kerja dengan
Menggunakan Physlets” menemukan bahwa:
siswa merasa
tertolong dengan penggunaan model pembelajaran (multimedia interaktif) MMI
jenis Physlets, dalam hal memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat
abstrak menjadi lebih konkret
* Kartini
(2006) bahwa model pembelajaran interaktif berbasis komputer
dapat: meningkatkan penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan
keterampilan proses sains siswa SMP.
* Hendrawan
dan Yudhoatmojo (2001) dalam penelitiannya tentang ”Efektivitas dari Lingkungan
Pembelajaran Maya Berbasis Web (Jaringan)” mengatakan bahwa: lingkungan
pembelajaran yang bermedia teknologi (model pembelajaran MMI) dapat
meningkatkan nilai para siswa (konsep), sikap mereka terhadap belajar, dan
evaluasi dari pengalaman belajar mereka
* Eni
Nuraeni (2006) dari penelitian yang dilakukannya menyimpulkan bahwa:
multimedia
yang digunakan untuk media pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep
mahasiswa dengan tarafkepercayaan 95%
d) Model Multimedia Interaktif
• Model
Drill
• Model
Tutorial
• Model
Simulasi
• Model
Eksperimen (virtual lab)
• Model
Game
10. MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM
PEMBELAJARAN
• Guru bisa mengadopsi
• Guru bisa mengembangkan
• Guru bisa membuat sendiri
• Guru bisa menerapkan di kelas
a) Contoh Mengadopsi dan mengembangkan
• Menggunakan
internet
• Menggunakan
cd pembelajaran
b) Cara Pemanfaatan Internet untuk Media
Pembelajaran
• Menjadikan
internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
• Memanfaatkan
blog yang dikelola guru (pengajar)
• Tiap
peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing
• Menggunakan
sarana jejaring sosial (facebook atau twitter)
• Menggunakan Learning
Management System (LMS)
Harry B.Santoso (2009)
c) Tantangan Multimedia Interaktif
• Butuh
peralatan (komputer, LCD, dan audio system)
• Butuh
keahlian khusus (produksi dan operasi)
• Sumber
listrik harus tersedia
Untuk PowerPoint nya bisa di Download disini : KLIK DISINI
PASSWORD nya : abimael02
Sumber : Dari Berbagai macam Blog dan Buku
Untuk PowerPoint nya bisa di Download disini : KLIK DISINI
PASSWORD nya : abimael02
Sumber : Dari Berbagai macam Blog dan Buku
0 comments :
Post a Comment