======================================================================================================================================================= AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE AbimaelZONE
====================================================================================================================
==========================================================================================================================================
JANGAN LUPA KUNJUNGI TERUS ABIMAELZONE DAN FOLLOW UNTUK SELALU MENDAPATKAN UPDATE TIPS DAN TRIK TERBARUTERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI ABIMAEL ZONE
Home » , , » Komputer Anda lambat? (LOLA)

Komputer Anda lambat? (LOLA)

Abimael | Monday, June 25, 2012 | 0 comments
Komputer anda kinerjanya lambat atau LOLA, jangan panik ..Semua itu pasti ada sebabnya.

Berikut beberapa penyebab komputer anda menjadi lambat, hal ini juga berlaku untuk laptop, notebook atau perangkat lain yang menggunakan sebuah operating sistem :



  1. Serangan Malware (virus, worm, trojan, dsb ) , hal ini merupakan salah satu hal wajib yang perlu anda curigai, karena virus bekerja secara terus menerus untuk terus berkembangbiak dan menggandakan file-file yang menjadi sasaran mereka, kerja virus yang bekerja pada system secara tersembunyi seringkali tidak kita sadari, sehingga hal pertama yang wajib anda lakukan yaitu periksa dengan menggunakan anti virus yang bersifat portable, karena kita tidak mungkin bisa melakukan instalasi anti virus saat virus sudah menggerayangi komputer kita.
  2.  Spyware, Adware dan sejenisnya
    Jika kita sering menggunakan komputer untuk ber-internet, jika tidak berhati-hati ada kemungkinan komputer bisa terkena spyware. Efeknya mungkin tidak begitu besar dengan kinerja komputer, tetapi bisa berpengaruh pada akses internet, dan berbagai hal yang menganggu kenyamanan berinternet dan yang lebih buruk, data-data penting (user, password, account dll) kita bisa di ketahui oleh si pembuat spyware ini.

    Solusi bisa menginstall Anti-spyware yang juga senantiasa update, hanya perlu dipilah-pilah mana yang tidak banyak menggunakan sumber saya (resources) komputer kita, karena tidak jarang Antispyware ini menggunakan CPU dan Memory yang cukup besar. Jika antivirus sudah menyertakan, kita tidak perlu menambah. Atau gunakan versi portable, dan scan dari spyware secara berkala saja.


  3. Overheating (Kelebihan Panas), jika anda yakin komputer anda aman, antivirus telah terpasang dengan benar dan terus update, hal selanjutnya yang perlu anda periksa adalah sistem sirkulasi termasuk fan processor, karena jika sistem sirkulasi tidak terpenuhi bisa mengakibatkan komputer mengalami kelebihan panas atau bahasa kerennya Overheating, overheating bisa terjadi pada Processor, RAM, HDD bahkan bisa juga Power Supply.
  4. Arus Listrik, yang satu ini juga tidak dapat kita sepelekan, tidak stabilnya arus listrik mengakibatkan gelombang elektromagnetik yang tidak stabil pada perangkat keras komputer, so.. periksa kesatabilan listrik dirumah anda.
  5. Menimbunnya file sampah pada sistem komputer (File System Issues), jika tiga hal diatas tidak anda temukan pada komputer anda, ada kemungkinan hal ini mengacu pada penimbunan file sampah pada sistem, hal ini sebenarnya sangat mudah untuk di hindari, pastikan untuk melakukan Disk Cleanup minimal 1 bulan sekali, selain itu disk fragmentation bisa juga mengakibatkan sistem menjadi lambat lakukan Defragment setelah proses disk cleanup selesai.
  6. Bad Sector Harddisk, kemungkinan lainnya yaitu terdapat bad sector pada harddisk, sebenarnya hal ini bisa dicegah dengan tidak mengikutsertakan partisi pada sector yang rusak dengan kata lain area tersebut kita lewati dan gunakan mulai pada sektor setelahnya (hal ini bisa dilakukan ole para teknisi/yang terbiasa melakukan partisi secara manual).
5 hal tersebut merupakan hal dasar yang perlu anda perhatikan jika anda mengalami masalah me-lambatnya kinerja komputer anda, akan tetapi jika hal itu (baca: komputer tersebut lambat sejak awal pembelian) ada kemungkinan spesifikasi komputer tersebut memang rendah atau ke-tidak-cocokan perangkat yang anda gunakan.

Semoga bermanfaat..

Sumber : Dari berbagai sumber


Share this article :

0 comments :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AbimaelZone - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger